Rabu, 07 Juni 2017

Jangan Membuat Bagimu Berhala Apapun

Dalam Alkitab terjemahan LAI, perintah di atas diterjemahkan sebagai "Jangan membuat bagimu patung apapun yang ada di langit di atas atau yang ada di bumi di bawah... "

Sedangkan dalam Alkitab berbahasa Inggris klasik, larangan di atas diterjemahkan sebagai, "Thou shalt not make unto thee any graven image"

Kemudian, kalau kita cari arti kata dari "graven image" di kamus merriam-webster, maka akan kita dapatkan bahwa graven image berarti " an object of worship carved usually from wood or stone :  idol"

Definisi yang hampir sama juga diberikan oleh English Language Learner : an object (such as a statue) that is worshipped as a god or in place of a god

Dari definisi di atas dapat kita ketahui bahwa larangan membuat "patung" dalam sepuluh Perintah Tuhan sebenarnya bukan larangan membuat gambar atau patung, melainkan larangan untuk membuat patung yang akan digunakan untuk disembah. Pendeknya, itu adalah larangan untuk membuat berhala.

Dengan demikian, yang saya tangkap adalah bahwa larangan tersebut bukanlah larangan untuk membuat semua gambar atau patung seperti gajah, kangguru, koala, burung, panda, ikan dll; namun larangan tersebut adalah larangan untuk membuat gambar atau patung berhala. Dalam hal ini adalah misalnya larangan untuk membuat gambar/pahatan/patung Baal, Zeus, Osiris dll.
wa Allahu a'lam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar