Minggu, 28 Mei 2017

Mengecek Keaslian Koin Perak

Jika kita membeli koin perak dari ebay, tentu ada perasaan khawatir jika sebagian dari koin perak yang kita beli adalah palsu (counterfeit).
Nah, bagaimana cara untuk memastikan bahwa koin perak yang kita beli ada koin perak yang asli? Ada beberapa test untuk memastikannya.

Pertama, periksa detail dari koin perak
Well, sebenarnya cara ini tidak berlaku untuk seluruh koin perak, melainkan hanya sebagian silver coins (dan silver rounds) saja. Intinya begini, beberapa koin perak seperti Canadian Maple Leaf dan Australian Kangaroo memiliki detail yang kaya sehingga sangat sulit untuk ditiru atau dipalsukan. Pada koin Australian Kangaroo misalnya, terdapat huruf A berukuran mikro pada kaki huruf A yang pertama dari kata Australian Kangaroo. Huruf A berukuran mikro ini hanya bisa dilihat jika kita menggunakan loupe. Sedangkan Silver Round keluaran Sunshine Mint memiliki teknik tersendiri untuk memastikan keasliannya, yaitu terdapat kata "VALID" pada sisi belakang koin yang hanya bisa dilihat dengan menggunakan decoder lens khusus keluaran Sunshine Mint.
Namun, tidak semua jenis koin perak bisa dites menggunakan cara ini. American Silver Eagle misalnya, saya pernah melihat video di youtube yang menampilkan sebuah koin perak American Eagle palsu, yang menurut si pembuat video, koin palsu tersebut secara penampilan sulit dibedakan dengan koin yang asli.

Cara kedua adalah dengan mengukur berat dan dimensi dari koin perak
Perak memiliki massa jenis dan kerapatan (density) yang unik, sehingga sulit untuk ditiru. Misalnya jika seorang produsen ingin membuat koin perak dengan berat 31.1 gram namun menggunakan bahan selain perak, tentu dimensinya akan  berbeda dengan dimensi koin perak. Adapun dimensi masing-masing koin perak berbeda satu sama lain. Amercian Silver Eagle misalnya memiliki diameter 40.6 mm dengan ketebalan 2.98mm, sedangkan Canadian Maple Leaf memiliki diameter 38 mm dengan ketebalan 3.29mm. Untuk mengukur berat dan dimensi dari sebuah koin perak, kita memerlukan sebuah timbangan dan sebuah caliper.

Cara ketiga, test dengan menggunakan es batu
Dikatakan bahwa perak merupakan konduktor terbaik. Salah satu implikasinya adalah jika sebuah es batu diletakkan di atas sebuah koin perak, maka es batu tersebut akan cepat meleleh. Namun, untuk memastikan keaslian tes sebuah koin perak, ada baiknya jika tes ini dikombinasikan dengan tes yang lain.

Cara keempat, dengan menggunakan magnetic test
Perak merupakan salah satu logam yang tidak akan tertarik oleh sebuah magnet. Jika ada koin (mirip) perak namun ia menempel pada sebuah magnet, maka dapat dipastikan bahwa ia bukanlah koin perak. Namun, di sisi lain, perak merupakan suatu diamagnetic. Artinya, jika perak diluncurkan pada sebuah magnetic slide atau magnet besar yang dimiringkan, maka perak akan meluncur dengan perlahan. Jika suatu koin diluncurkan pada sebuah magnetic slide, namun ia menempel pada magnet,  atau meluncur dengan cepat ke bawah, maka dapat dipastikan bahwa itu bukan perak. Kalau perak asli, mestinya ia akan turun secara perlahan dalam magnetic slide. Seperti halnya dengan tes dengan menggunakan es batu, maka cara ini juga sebaiknya dikombinasikan dengan tes yang lain karena perak bukanlah satu-satunya logam diamagnetic yang tidak akan menempel pada sebuah magnet. Logam lainnya seperti tembaga (Copper) misalnya memiliki sifat yang hampir sama dengan perak, walaupun tembaga memiliki massa jenis dan kerapatan yang berbeda dengan perak.

SARAN
Jika anda terpaksa membeli koin perak, ada beberapa saran yang mesti dipertimbangkan.
1. Belilah koin perak dari seller yang memiliki reputasi yang baik.
2. Jangan tergoda untuk membeli koin perak dengan harga yang super murah.
3. Jika mungkin, belilah koin perak yang memiliki security feature yang sulit ditiru seperti Australian Kangaroo dan koin keluaran Royal Canadian Mint yang memiliki fitur radial lines yang konon sulit ditiru. Atau, belilah koin perak dalam pecahan seperti 1/4 oz Armenian Noah's Ark, karena kecil kemungkinan si pemalsu ingin membuat koin perak palsu dalam pecahan yang secara ekonomis tidak terlalu menguntungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar