Selasa, 25 Oktober 2016

Love Your Enemies

Di dalam Injil ada tertulis, "Kasihilah musuhmu, berbuat baiklah kepada orang yang membenci kamu, berkatilah orang yang mengutuk kamu, dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu." (Lukas 6:27-28, Matius 5:43,  Didache 1)

Apakah ayat ini berlaku umum?
Kalau ayat ini berlaku umum rasanya aneh sekali. Apa iya kita harus mengasihi semua musuh kita termasuk iblis? Saya rasa, ayat ini harus ditafsirkan secara khusus, bukan secara umum.
Toh buktinya Yesus sendiri sering kali mengutuk orang-orang Farisi yang menjadi lawan-lawannya.

Saya berpendapat bahwa musuh atau orang yang membenci kita itu ada dua macam. Yang pertama adalah musuh yang berakal, dia bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, dan dia mengetahui bahwa sebenarnya kita tidak bersalah, atau dia tidak mengetahui secara pasti kesalahan kita, namun dia tetap membenci kita. Mungkin karena iri atau dengki.
Musuh jenis kedua adalah orang-orang awam yang ignorant. Mereka hanya ikut-ikutan saja. Dan biasanya jenis seperti ini yang lebih banyak daripada jenis yang pertama.

Menurut saya, yang dimaksud "mengasihi musuh" dalam ayat tsb adalah mengasihi musuh yang ignorant saja, yaitu orang-orang awam yang membenci kita hanya karena ikut-ikutan, misalnya karena ustad-nya atau panutannya menjelek-jelekkan kita.
Misalnya seperti kata-kata Yesus: "Ya Bapa,  ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat. "
 
Sedangkan orang-orang yang membenci kita karena dia fasik, atau karena dia sebenarnya tahu bahwa kita tidak bersalah, atau setidaknya dia tidak bisa memastikan kesalahan kita namun dia tetap membenci kita, memusuhi kita, dan mengutuk kita, maka kita tidak perlu mengasihi manusia-manusia fasik seperti ini.

"Adapun hamba yang tahu akan kehendak tuannya, tetapi yang tidak mengadakan persiapan atau tidak melakukan apa yang dikehendaki tuannya, ia akan menerima banyak pukulan.   12:48 Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan.  Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut." (Lukas  12:47 -48)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar