Rabu, 03 Mei 2017

Mencari Pecahan Koin Perak yang Ideal



Sebagaimana telah dijelaskan dalam tulisan sebelumnya, saat ini saya sedang rajin-rajinnya mengoleksi silver coins atau koin perak dari mancanegara. Ada beberapa tujuan mengapa orang memilih untuk berinvestasi dalam bentuk emas, antara lain alasan pertama sebagai investasi, kedua sebagai portofolio atau hedging jika suatu saat terjadi inflasi besar-besaran, dan yang ketiga adalah karena survival purposes, yaitu untuk menghadapi the worst case scenario.

Tujuan utama saya membeli koin perak adalah karena alasan yang ketiga ini yaitu survival purposes. Maksudnya begini, ada sebagian orang –baik muslim maupun non-muslim- yang percaya bahwa suatu saat nanti bisa saja terjadi chaos yang melumpuhkan perekonomian bahkan melumpuhkan negara. Pada saat itu, uang kertas tidak akan laku lagi, dan orang akan kembali melakukan barter atau yang sejenisnya dalam bertransaksi. Nah, koin perak merupakan sarana yang paling tepat dalam menghadapi skenario terburuk ini. Karena, selain koin perak memang pada awalnya digunakan sebagai mata uang dalam perniagaan, ia juga lebih liquid daripada koin emas. Misalnya saja, kita tidak mungkin membeli makanan harian kita dengan menggunakan 1 koin emas yang nilainya sekitar 2 jutaan. Yang paling masuk akal adalah kita menggunakan koin perak yang nilainya berkisar antara puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah (nilainya tergantung pecahan koin perak itu sendiri dan menggunakan kurs saat ini).
Nah, pertanyaan saya selanjutnya adalah pecahan koin perak berapakah yang ideal?
Di pasaran terdapat sejumlah satuan silver coins, antara lain 1/10 troy oz, ¼ oz, ½ oz, 1oz, 2 oz, 5 oz hingga 1 kilo. Tentu saja kita tidak mungkin membeli kebutuhan harian dengan menggunakan koin perak ukuran 5 oz atau 1 kilo. Kita membutuhkan satuan yang lebih kecil daripada itu.
Satuan koin perak standar di dunia internasional adalah 1 troy oz atau sekitar 31,103 gram, dimana harga sebuah koin 1 oz tersebut sekitar 20~an dollar atau sekitar 200-300 ribu rupiah. Untuk di luar negeri seperti di US dan Australia, uang $20 dollar sudah pas untuk membeli katakanlah setengah atau seekor ayam bakar. Waktu saya kuliah di Australia, harga standar sebuah kebab adalah sekitar 8 hingga 9 AUD. Sehingga uang 20 dollar sepertinya sudah pas untuk membeli dua porsi makanan (untuk pasangan atau keluarga). Namun bagaimana di Indonesia? Di Indonesia, nilai sebesar 200-300 ribu rupiah masih terlalu besar untuk membeli makanan, bahkan untuk satu keluarga. Untuk itu, kita memerlukan pecahan yang lebih kecil daripada 1 oz sehingga jika the worst case scenario benar-benar terjadi, kita sudah bisa langsung membeli makanan dengan uang pas, tanpa si penjual kerepotan mencari kembalian. Untuk saat ini saya asumsikan bahwa harga seporsi makanan di Indonesia adalah berkisar antara 20 ribu hingga 100 ribu rupiah.

Idealnya, kita memiliki koin perak dalam pecahan kecil agar nantinya kita tidak perlu merepotkan si penjual dalam mencari kembalian jika scenario buruk memang benar-benar terjadi. Seperempat troy oz koin perak secara sepintas merupakan pilihan yang menarik. Saya sendiri pada awalnya ingin membeli sejumlah koin yang cukup banyak dalam pecahan ¼ troy oz ini. Namun belakangan saya baru menyadari bahwa terdapat dua permasalahan terkait pecahan ¼ oz ini. Masalah pertama adalah, semakin kecil pecahan suatu koin maka semakin besar biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat koin tersebut. Termasuk pecahan ¼ oz ini yang harganya relative mahal. Misalnya, jika 1 oz koin perak harganya adalah 20 dollar, maka pecahan ¼ oz koin perak harganya bukan 5 dollar melainkan 7 hingga 9 dollar. Tentu saja ini merugikan kita sebagai konsumen. Masalah kedua adalah ukuran koin perak yang kecil. Pada hari ini saya baru saja menerima pesanan saya berupa 5 koin perak Noah’s Ark ukuran ¼ oz dan ternyata ukurannya menurut saya terlalu kecil, atau setidaknya lebih kecil dari yang saya harapkan. Diameternya 2 cm pas. Sulit bagi saya untuk membaca inskripsi yang ada di koin tersebut, sehingga saya kurang bisa menikmati keindahan yang terdapat dalam koin perak ukuran ¼ oz tsb. Saya tidak bisa membayangkan betapa kecilnya koin ukuran 1/10 oz dan betapa sulitnya membuat koin kecil tsb.

Setengah troy oz koin perak nampaknya merupakan jalan tengah antara standar 1 oz dan pecahan ¼ oz. Nilai ½ oz koin perak tidak terlalu besar, sekitar 10~an dollar atau sekitar seratus ribu rupiah, namun ukuran koin tsb tidak terlalu kecil seperti koin ¼ oz. Sejauh ini saya sudah memesan beberapa jenis koin ½ oz ini, sebut saja misalnya Tiger Shark dan Koala dari Australia, Mexican Libertad, serta Somalian Elephant. Walaupun belum ada satu pun koin ukuran ½ oz yang sudah saya terima, namun saya punya feeling bahwa koin pecahan ½ oz ini cukup ideal untuk membeli kebutuhan sehari-hari di masa mendatang.

1 komentar:

  1. situs judi online terbaik
    dapatkan promo bonus menarik dari kami hingga jutaan rupiah
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www.bolavita1.com
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    Telegram : +62812-2222-995 / https://t.me/bolavita
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus