Senin, 08 Juli 2019

2019-S San Antonio Missions Silver Quarter Dollar: The Best Modern Silver Coin Ever Made?

Back to the Origin of the Dollar

2019 is a very special year in U.S. Mint history since they produce their quarter dollar and half dollar in 99.9% fine silver. Previously, the silver composition in quarter dollar and half dollar is only 90%.

Among the five quarter dollar silver set in 2019, there's one that caught my attention, that is the San Antonio Missions.



On the Reverse, there's a cross with four quadrants. One of the quadrants have an image of a lion. It is the lion image that makes this quarter dollar so special to me because it makes this silver coin back to the origin of the Dollar.

We all know that the dollar is the currency of the U.S. and some other countries like Canada and Australia. But many don't realize that the dollar is not of American origin. The dollar that we know now is the evolution of other currency from foreign countries. It can be said that the term dollar is already existed around 200 years before the Americans declared their independence in 1776.

Kalau boleh saya sederhanakan, dollar amerika itu sebenarnya berasal dari koin perak Pillar Dollar dari Spanyol yang dicetak di Mexico dan beberapa negara Amerika Latin seperti Bolivia dan Peru. Namun, istilah dollar dalam Pillar Dollar pun bukan berasal dari bahasa Spanyol melainkan berasal dari mata uang yang lain lagi, yaitu Lion Dollar atau leeuwendaalder yang merupakan koin perak yang berasal dari Belanda. Dan leeuwendaalder sendiri bukan istilah asli bikinan orang Belanda melainkan merupakan adaptasi dari koin perak Joachimsthaler yang berasal dari Bohemia (sekarang merupakan bagian dari negara Republik Ceko).

 


Jadi boleh dikatakan bahwa Joachimsthaler merupakan nenek moyang dari mata uang dollar Amerika. Joachimsthaler adalah ayah kandung dari leeuwendaalder atau Lion Dollar dari Belanda yang sempat menjadi mata uang pilihan dalam dunia internasional perdagangan pada masanya.



Leeuwendaalder or Lion Dollar can be regarded as the direct predecessor of two prominent silver coins, that is Maria Theresa Thaler and Spanish Pillar Dollar. Even NGC officially announced leeuwendaalder or Lion Dollar as America's First Silver Dollar



Sebagai informasi tambahan, pada abad ke-18 Masehi, terdapat dua koin perak yang paling terkenal di seluruh dunia, yaitu Pillar Dollar dan Maria Theresa Thaler (MTT). Boleh dibilang bahwa kedua koin perak ini sama-sama merupakan evolusi dari koin perak Belanda leeuwendaalder (Lion Dollar). Namun bedanya antara Pillar Dollar dengan MTT adalah, jika Pillar Dollar lebih populer di Dunia Baru, yaitu di benua Amerika, sementara MTT lebih populer di Dunia Lama, yaitu Eropa dan Asia.





Jika anda perhatikan desain dari seluruh koin perak kuno yang saya sebutkan tadi, yaitu mulai dari Joachimsthaler, Leeuwendaalder, Maria Theresa Thaler, hingga Pillar Dollar, maka ada satu persamaan menarik dari keempat koin kuno tersebut, yaitu pada desain keempat koin tersebut terdapat gambar singa. Pada koin Joachimsthaler dan juga Leeuwendaalder, gambar singa ukuran besar nampak pada sisi Reverse koin. Sedangkan pada Pillar Dollar dan MTT, gambar singa terdapat pada salah satu pojok dari gambar perisai.

Nah, mengapa koin perak Quarter Dollar San Antonio Missions ini sangat istimewa? Tidak lain dan tidak bukan adalah karena kembalinya gambar singa pada koin perak dollar. Sebelum-sebelumnya, gambar yang paling umum dari koin dollar Amerika adalah gambar elang. Setahu saya, sepanjang sejarah percetakan koin perak Amerika Serikat, baru di tahun 2019 inilah muncul gambar singa pada koin perak Amerika Serikat.

Bukan hanya itu, gambar + (tanda tambah) ukuran besar yang membagi koin menjadi empat bidang pun mengingatkan saya akan sisi Obverse dari Pillar Dollar dan juga MTT. Dari sekian banyak desain koin America the Beautiful dan juga Quarter Dollar, baru kali inilah ada tanda + seperti ini pada koin perak Amerika. Pendeknya, sisi Reverse dari koin perak San Antonio Missions silver quarter dollar ini benar-benar klasik.

Tapi, apakah ukuran silver Quarter Dollar tidak terlalu kecil?
Bagi anda yang terbiasa dengan koin perak seperti American Silver Eagle, Canadian Silver Maple Leaf, Peace Dollar dan juga Morgan Dollar, mungkin merasakan bahwa koin Quarter Dollar ini berukuran kecil dan tipis. Tapi, kalau saya melihat sejarah, sebenarnya koin perak dengan berat sekitar 6 gram ini merupakan ukuran yang sangat ideal, artinya tidak terlalu kecil, dan juga tidak terlalu besar.

Dalam tradisi Islam, umat Islam mengenal koin perak dirham. Dan dalam tradisi Islam, koin perak dirham ini memiliki berat sekitar 3 gram. Jadi, koin perak silver quarter dollar ini memiliki berat dua kali dari koin perak dirham dalam tradisi Islam.

Namun, dirham sebenarnya bukan koin perak asli bikinan orang Islam, melainkan sebuah adaptasi dari koin perak lain yang sudah terkenal sebelumnya yakni drachma dari Yunani. Pada beberapa abad sebelum masehi, koin perak drachma memegang peranan penting dalam perdagangan dunia internasional. Ketika itu, setidaknya terdapat tiga jenis standar berat dari drachma. Yang pertama adalah standar Aegina yang menggunakan standar drachma seberat 6 gram, atau serupa dengan berat dari silver quarter dollar ini. Yang kedua adalah standar Athena yang menghitung drachma dengan berat sekitar 4,3 gram. Sedangkan yang ketiga adalah standar Corinth yang menetapkan bahwa drachma seberat 2,9 gram atau hampir sama dengan dirham yang digunakan dalam dunia Islam. Tapi yang jelas, bahwa berat dari koin perak silver quarter dollar ini tidak lebih ringan daripada koin drachma.

Kalau kita membuka Alkitab, kita akan mengetahui bahwa orang-orang Yahudi menggunakan satuan shekel atau syikal sebagai standar berat mereka. Menurut Alkitab Kristen, satu syikal itu beratnya sekitar 11,4 gram. Nah, dalam Alkitab tsb, terdapat satu perintah khusus untuk umat Israel untuk memberikan persembahan kepada Tuhan dengan perak seberat setengah syikal (bukan dengan satu syikal lho ya). Jadi, kalau kita menganggap bahwa satu syikal itu seberat 11,4 gram, maka kita akan mendapatkan bahwa berat setengah syikal perak itu sekitar 5,7 gram. Artinya koin perak quarter dollar ini masih lebih berat daripada ketetapan setengah syikal perak yang ditentukan oleh Tuhan dalam Kitab Keluaran 30:13.

All in all, the dimension of this silver quarter dollar is not too small, since the history has recorded that the international trade world used some silver coins in daily basis which denominations were smaller than 6 gram, such as dirham, drachma, denarius, and half shekel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar